BEDA USIA BEDA PERAWATAN KULITNYA

kenapa bisa seperti itu?
Karena usia yang semakin bertambah tentu akan membawa pengaruh perubahan pada tubuh manusia, terutama pada kondisi kulit. Semakin tua usia, kulit juga akan menunjukkan penuaan diserta keriput. Untuk itulah Anda juga perlu tahu bahwa manusia membutuhkan ragam perawatan untuk kulit mereka berdasarkan usia mereka.

 

wajah menua

USIA 15-25 TAHUN
Pada rentang usia ini, kulit masih menunjukkan keremajaan kulit. Namun Anda juga perlu memperhatikan perawatan kulit meski dalam taraf ringan. Pada usia muda, kulit masih bisa menghasilkan pelembab alami sehingga tidak perlu produk pelembab. Perawatan yang dibutuhkan adalah mengontrol kulit dari munculnya bercak dan bakteri penyebab jerawat.

Produk yang diperlukan hanya produk anti bakteri untuk kulit berminyak, produk yang bisa mengangkat sel mati agar kulit tampak cerah dan segar. Selain itu, jika kondisi kulit kuring maka perlu pelembab yang ringan agar pori-pori tidak tersumbat. Paling tidak produk yang digunakan untuk usia ini adalah yang mengandung zinc gluconate dan asam salisilat sebagai pembersih minyak berlebih dan menyerap racun.

USIA 25-40 TAHUN
Pada usia 25 ke atas, kulit wajah sudah tidak maksimal dalam memproduksi minyak sehingga sering muncul tanda penuaan. Sehingga pada usia ini sampai usia 40 tahun, membutuhkan produk pelembab dan pencegah penuaan dini. Tanda penuaan juga akan muncul di kulit sekitaran mata, pipi sedikit tirus dan tanda gurat senyum terlilhat jelas. Selain itu kerutan juga akan muncul pada orang yang mengkonsumsi alkohol, perokok, dan orang yang suka berjemur.

Sebaiknya gunakan produk yang mampu menyeimbangkan pH dan mengurangi tanda penuaan, kelembabab kulit juga perlu dijaga. Untuk tata rias, sebaiknya gunakan jenis berbahan cair, hindari alas riasan jenis bedak. Untuk perawatan sebaiknya Anda juga perlu membersihkan wajah secara teratur terutama setelah menggunakan make-up.

USIA 40-55 TAHUN
Rentang usia ini termasuk pada pramenopause sehingga sering terjadi perubahan pada kulit tidak hanya tanda-tanda penuaan saja. Jika kulit wajah kekurangan hormon estrogen maka kelenturan dan kekencangan kulit akan berkurang.

Anda perlu melindungi kulit dari paparan matahari karena kulit bagian dalam tidak mampu lagi menangkal bahaya ultraviolet. Jadi bisa dikatakan perlindungan alami dari dalam tubuh sudah berkurang dan pengaruhnya kulit menjadi cepat tua jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini juga disebabkan karena jumlah melanocytes (melanin penghasil sel baru) mulai menurun seiring usia yang semakin bertambah.

Anda perlu menggunakan produk yang menerapkan fungsi vitamin A, C, dan E serta liposome dan lipida untuk proses regerenasi kulit dan antioksidan. Pastikan juga menggunakan krim malam dan krim siang untuk melindungi kulit secara optimal.

DIATAS 55 TAHUN
Pada usia-usia ini kulit akan lebih sensitif. Intensitas kolagen dan elastin sudah mulai berkurang produksinya, serta terjadi penurunan metabolisme kulit. Dampaknya, di usia ini kulit sering mengalami alergi, pecah-pecah, kering dan perubahan warna.

Produk yang ideal yakni yang berbahan alami dan antialergi. Anda juga perlu melakukan perawatan di malam hari seperti menggunakan minyak kecantikan agar kelembabab kulit terjaga. Misalnya minyak almond, jojoba, dan biji aprikot. Untuk tambahan krim, gunakan yang ada SPF nya agar tidak terjadi pigmentasi.