pencet-jerawatSetiap wanita memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, ada yang berkulit berpori-por kecil maupun berpori-pori besar. Yang menyebabkan pori-pori membesar iru disebabkan oleh kebiasaan yang salah Ladies. Seperti yang dikutip Womenshealthmag.com.

Beberapa kebiasaan buruk yang mungkin sering dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Memencet pori-pori dan jerawat

Jika Anda mendambakan pori-pori wajah yang kecil dan bebas jerawat, setop memencet wajah. “Saat Anda memencet dan menarik kulit, Anda membentuk garis halus, inflamasi, dan iritasi yang memiliki efek buruk pada pori” jelas Joel Schlessinger, seorang Dermatolog.

Lebih baik, gunakan produk perawatan jerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide, kedua kandungan ini efektif membasmi jerawat.

2. Sering menyentuh wajah

Coba pikirkan benda apa saja yang telah Anda sentuh seharian. Mulai dari kenop pintu, meja, komputer, tombol lift, kartu atm, dan sebagainya. “Menyentuh wajah setelah bersentuhan dengan banyak benda mentransfer ribuan bakteri, virus, dan berbagai kotoran ke kulit dan pori-pori” jelas Joel. Mulai sekarang, hindari gerakan menyentuh wajah.

3. Lupa membersihkan riasan sebelum tidur

Lupa membersihkan riasan sebelum pergi tidur membuat makeup, minyak, dan polusi tinggal di wajah Anda sepanjang malam. Tak hanya dapat membuat kulit mudah berjerawat dan mengalami penuaan, pori-pori wajah akan menjadi lebih lebar.

Jika Anda terlalu lelah untuk membersihkan wajah, gunakan tisu pembersih yang praktis.

4. Tidak melakukan eksfoliasi

Cara paling benar dalam membersihkan pori-pori wajah adalah melakukan eksfoliasi. Karena pembersih wajah biasa tidak membersihkan sel kulit mati yang tertumpuk, lakukan eksfoliasi seminggu sekali.

5. Menggunakan riasan yang salah

Memang menutupi pori-pori dengan concealer adalah cara mudah agar kulit terlihat mulus. Namun, semua jenis riasan menutupi pori-pori (comedogenic) akan membuat pori-pori tersumbat.

Hindari kandungan minyak, wax atau butter yang menutupi pori. Lebih baik, gunakan riasan dengan kandungan mineral, terutama untuk jenis kulit berjerawat.

6. Tidak menggunakan produk pengecil pori

Produk pengecil pori, atau produk dengan kandungan retinol terbukti efektif mengecilkan pori wajah. Produk ini dapat meningkatkan produksi glycoaminoglycans pada kulit, yang bekerja mengencangkan kulit di sekitar pori, membuatnya tampak lebih kecil.

 

Dari ke 6 kebiasaan diatas apakaha salah satunya sering Anda lakukan? jika ada mulai sekarang dihentikkan agar  masalah kulitmu tidak semakin parah. Semoga bermanfaat ladies.