Memakai Produk Perawatan Wajah Pria Harus Jeli

Tidak hanya wanita saja yang harus melakukan perawatan wajah , pria juga perlu melakukan perawatan wajah.pria juga perlu memerhatikan kesehatan wajahnya, terutama apa yang boleh dan sebaiknya tidak dilakukan.

Bahan perawatan wajah pria lebih sederhana daripada wanita.Walau begitu, tetap ada berbagai pilihan produk dan jenis yang perlu dicermati demi mendapatkan produk yang sesuai dengan karakter kulit wajah. oleh seba itu ada beberapa hal yang perlu dicermati yaitu :

Pembersih wajah atau sabun?

Kulit pria umumnya lebih tebal dibandingkan wanita sehingga kurang sensitif terhadap kandungan pada pelembap ataupun pembersih wajah. Sebaiknya mempertimbangkan untuk beralih ke pembersih wajah cair untuk mencegah kulit makin kering. kemudian pilih sabun yang mengandung moisturizer dengan kandungan gliserin, vitamin E, minyak jojoba, dan minyak zaitun.

Jika kulit Anda tergolong berminyak, gunakan sabun dan pembersih wajah yang mengandung asam glikolat, asam salisilat, atau benzoil peroksida. Selain memiliki kandungan antibakteri, ketiga bahan ini membantu meluruhkan sel kulit mati sehingga dapat membersihkan pori-pori lebih dalam. Anda dapat mencoba pembersih dengan kandungan bahan-bahan alami, seperti eukaliptus dan sitrus yang juga dapat melindungi kulit dari bakteri.

Selain itu, upayakan untuk memilih pembersih wajah yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate. Bahan ini dapat membuat busa namun mengakibatkan kulit wajah kering. Selain itu, utamakan untuk memakai pembersih wajah yang mengandung minyak kedelai atau petrolatum, gliserin, dan ceramide.

Moisturizer untuk pria

Ada beberapa jenis moisturizer yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.

  • Untuk kulit berminyak, pilih yang berbentuk gel atau toner.
  • Untuk kulit normal, pilih yang berbentuk los
  • Untuk kulit kering, pilih yang berbentuk krim
  • Untuk kulit berjerawat, yang berbentuk moisturizer yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat

Oleskan tabir surya

Gunakan moisturizer yang mengandung SPF-30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan

Mandi dan basuh wajah dengan air hangat atau dingin

Membasuh wajah dengan air panas dapat membuat kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan gatal karena hilangnya minyak alami wajah. Selain itu untuk mengurangi risiko kulit makin kering, hindari berada di bawah pancuran air lebih dari lima menit. Untuk mengeringkan wajah, daripada mengelap dengan handuk kencang-kencang, lebih baik tepuk-tepukkan handuk untuk menghindari kulit menjadi kering dan iritasi.

Scrub untuk mengangkat sel kulit mati

Scrub atau krim wajah berperan mengangkat sel kulit mati, debu, dan kotoran dari wajah sehingga kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Saat menggunakan scrub, usapkan dengan gerakan memutar pada wajah, lalu basuh hingga bersih.

Selain dengan berbagai produk perawatan wajah pria di atas, kesehatan dan kesegaran wajah juga dapat dijaga dari dalam dengan mengonsumsi cukup air mineral dan makanan sehat, seperti sayur dan buah.