OSTEOPOROSIS

APA YANG DIMAKSUD OSTEOPOROSIS?
Osteoporosis merupakan suatu kelainan tulang.Osteoporosis ditandai dengan berkurangnya massa tulang secara progresif atau cepat. Berkurangnya massa tulang ini menyebabkan tulang menjadi tipis dan lemah . Maka tidak mengherankan bila pada orang yang mengalami osteoporosis yang parah akan mudah mengalami patah tulang tanpa sebab yang jelas.
Tulang normal dibentuk oleh protein yang disebut kolagen serta mineral kalsium.Osteoporosis menyebabkan terjadinya kekosongan cadangan kolagen dan kalsium pada tulang Sehingga proses pembentukkan lapisan tulang tidak terjadi sementara proses penipisan berlangsung terus.
Pada tulang normal selalu terjadi proses pembentukan dan penipisan tulang secara terus-menerus.Hal ini bertujuan untuk menjaga massa tulang agar tidak terlalu berat sehingga tidak mengganggu proses pergerakan. Seperti telah disinggung pada pederita osteoporosis, proses pembentukan tidak terjadi sementara proses penipisan berlangsung terus menerus.
Tulang yang tipis akan sangat lemah dan mudah patah dengan benturan yang ringan sekalipun. Pada tulang normal , benturan ringan tidak akan menyebabkan penyakit yang serius,sementara pada penderita osteoporosis benturan dapat menyebabkab patah tulang yang parah. Hampir Semua tulang dapat terserang osteoporosis termasuk tulang rusuk,panggul,dan pergelangan tangan.
Meskinpun osteoporosis bisa menyerang laki-laki dan perempuan ,namun sebagian besar penderita osteoporosis adalah perempuan yang telah mengalami menopause. Dipercaya bahwa hormon estrogen merupakan bahan yang sangat penting dalam mempertahankan massa tulang. Nah, pada perempuan yang menopause,produksi hormon ini berkurang secara drastis,sehingga mempercepat terjadinya pengurangan massa tulang. Tanpa pencegahan yang efektif, seorang perempuan bisa kehilangan 20-30% massa tulangnya pada 10 tahun pertama setelah memasuki masa monupause. Proses osteoporosis bisa berlangsung secara diam diam daalam jangka waktu yang lama. Tidak sedikit perempuan yang mengabaikan hal ini karena memang tidak merasakan apapun ,sampe terjadi gejala patah tulang yang disebabkan oleh sesuatu trauma ringan
GEJALA
Kebanyakan orang tidak menyadari gejala osteoporosis sebab pengeroposan kepadatan tulang berkurang secara perlahan. Jika kepadatan tulang berkurang secara drastis dan tulang menjadi kolaps atau hancur,maka akan timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk.
Kolaps tulang belakang menyebabkan nyeri punggung menahun. Tulang belakang yang rapuh bisa mengalami kolaps secara spontan atau kena cedera ringan. Biasanya nyeri timbul secara tiba-tiba dan dirasakan di daerah tertentu dari punggung,yang akan bertambah nyeri jika penderita berdiri atau berjalan. Jika disentuh ,daerah tersebut akan terasa sakit,tetapi biasanya rasa sakit ini akan menghilang secara bertahap setelah beberapa minggu atau beberapa bulan. Jika beberapa tulang belakang hancur,maka akan terbentuk kelengkungan yang abnormal dari tulang belakang,yang menyebabkan ketegangan otot dan rasa nyeri.
PENYEBAB
Osteoporosis memiliki beberapa tipe dengan penyebab yang berbeda-beda.
• Osteoporosis postmenopausal : Penyebabnya adalah kekurangan strogen (hormon utama pada wanita),yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang. Biasanya gejala timbul pada perempuan yang berusia diantara 51-75 tahun, tetapi bisa muncul lebih cepat ataupun lebih lambat. Tidak semua perempuan memiliki risiko yang sama untuk menderita osteoporosis postmenopausal , perempuan kulit putih dan daerah timur lebih mudah menderita penyakit ini daripada perempuan kulit hitam.
• Osteoporosis senilis : Kemungkinan merupakan akibat dari kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan diantara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Senilis berarti bahwa keadaan ini hanya terjadi pada lanjut usia . Penyakit ini biasanya terjadi pada usia dia atas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang perempuan. Sedikitnya 5% penderita osteoporosis sekunder, yang disebabkan oleh keadaan medis atau oleh obat-obatan. Penyakit ini bisa disebabkan oleh gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal(terutama tiroid,paratiorid dan adrenal), dan obat-obatan(misalnya kortikosteroid,barbiturat,anti_kejang dan hormon tiroid yang berlebihan). Pemakain alkohol yang berlebihan dan merokok bisa memperburuk keadaan ini.
• Osteoporosis juvenil idiopatik : merupakan jenis osteporosis yang penyebabnya tidak diketahui . Osteoporosis jenis ini terjadi pada anak-anak dan remaja yang sebenarnya memiliki kadar vitamin dan fungsi hormon yang normal. Dengan demikian penyebab osteoporosis jenis ini masih belum di ketahui secara pasti.

PENGOBATAN DAN PENCEGAHAN
Tujuan utama pencegahan dan pengobatan osteoporosis adalah untuk meningkatkan massa dan kekuatan tulang.

Pencegahan dan pengobatan osteoporosis dapat melalui pengaturan diet makanan,menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol,teratur berolahraga,cukup mengkonsumsi kalsium dan vitamin D,beberapa pengobatan dengan hormon pengganti ekstrogen pada perempuan menopause serta obat-obatan seperti aledronate ,etidronate atau kalsitonin. Obat-obatan yang disebut terakhir berfungsi untuk mengurangi proses penipisan dan tulang.
Alendronat memiliki beberapa fungsi ,yakni mengurangi kecepatan penyerapan tulang pada perempuan pasca menopause,meningkatkan massa tulang dibelakang dan tulang panggul,mengurangi angka kejadian patah tulang.
Supaya diserap dengan baik ,alendronat harus diminum dengan segelas penuh air pada pagi hari dan dalam waktu 30 menit sesudahnya tidak boleh makan atau minum yang lain. Alendronat bisa mengiritasi lapisan saluran pencernaan bagian atas, Sehingga setelah meminumnya tidak boleh berbaring, minimal selama 30 menit sesudahnya,obat ini juga tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki kesulitan menelan atau memiliki penyakit kerongkongan dan lambung tertentu.

Kalsitonin dianjurkan untuk diberikkan kepada orang yang menderita patah tulang belakang yang disertai nyeri . Obat ini bisa diberikan dalam bentuk suntikkan atau semprot hidung.

Tambahan fluorida bisa meningkatkan kepadatan tulang. Tetapi tulang bisa mengalami kelainan dan menjadi rapuh,sehingga pemakaiannya tidak dianjurkan.

Pria yang menderita osteoporosis biasanya mendapatkan kalsium dan tambahan vitamin D, terutama jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tubuhnya tidak menyerap kalsium dalam jumlah yang mencakupi. Jika kadar testosteronnya rendah, bisa diberikan testoteron.

Patah tulang karena osteoporosis harus diobati. Patah tulang panggul biasanya diatasi dengan tindakan pembedahan. Patah tulang pergelangan biasanya digips atau dperbaiki dengan pembedahan . Patah kolaps tulang belakang disertai nyeri punggung yang hebat,diberikan obat pereda nyeri,dipasang supportive back brace dan dilakukan terapi fisik.

CARA ALAMI MENGATASI OSTEOPOROSIS
Peranan kalsium dan vitamin D
Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya kalsium dan vitamin D sangat penting bagi tulang. Karenanya untuk menghindari osteoporosis pertama-tama Anda harus memperhatikan tingkat kalsium dan vitamin D yang anda serap. Kalsium adalah mineral terbanyak yang terdapat dalam tubuh manusia. Letak kalsium 99 persennya berada di dalam tulang rangka. Sedangkan satu perseb lainnya berada di dalam jaringan dan cairan yang ada di seluruh tubuh.

Agar tidak mengalami pengeroposan tulang di hari tua, konsumsi kalsium yang memadai seharusnya dilakukan sejak usia balita. Data Departemen Kesehatan RI Tahun 2002 menunjukkan,asupan rata-rata kalsium orang Indonesia hanya 254 mg/hari. Cukup jauh bila dibandingkan dengan standar yang disarankan bdan kesehatan dunia (WHO)yaitu 800mg/hari untuk anak balita dan 800-1000 mg/hari untuk orang yang berusia 15-65 tahun.

Cara mudah mendapatkan kalsiumdalam pola makan sehari-hari adalah dengan mengkonsumsi produk-produk yang terbuat dari susu,youghurt,keju,sayuran hijau,gandum,dan biji-bijian. Makanan rakyat seperti tempe dan tahu juga mengandung kalsium,masing-masing 124 miligram dan 129 miligram.

Agar kalsium bisa bekerja dengan baik di tubuh, kita juga membutuhkan vitamin D . Tanpa vitamin D ,usus manusia hanya mampu menyerap 10-15 persen kalsium dalam makanan. Bila vitamin D cukup,kalsium mampu diserap hingga 30 persen.

Berbagai penelitian menunjukkan,paparan sinar matahari bisa meningkatkan produksi vitamin D di kulit. Namun, meski kita tinggal di negara tropis yang kaya sinar matahari,resiko kekurangan vitamin D tetap tinggi. Hal ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat seperti berangkat kerja pagi hari dan pulang setelah matahari terbenam. Kegiatan rutin ini membuat kita jarang terpapar sinar matahari.

Kegiatan yang sebagian besar dilakukan di ruangan tertutup dan kebiasaan mengenakan pakaian yang menutupi sebagian besar anggota tubuh juga berperan menghambat masuknya radiasi sinar ultraviolet ke kulit. Karenanya ,luangkan waktu setiap hari untuk mandi sinar matahari,terutama di pagi dan sore hari.

MANFAAT JUS TOMAT

Minumlah jus tomat secara teratur , Likopen , Kandungan antioksidan dalam buah tomat, diyakini para ahli dapat menjadikan tulang bertambah kuat. Sebelum Likopen sudah diketahui bermanfaat untuk mencegah kanker prostat pada pria dan juga mencegah penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada, para ahli meminta 60 orang perempuan pasca menopause atau sekitar 50-60 tahun menghentikan konsumsi produk tomat dari menu hariannya selama satu bulan. Ternyata hal ini meningkatkan kadar N-telopeptide dalam darah,yakni zat kimia yang dilepaskan tubuh dalam darah ketika ada tulang yang patah.

Kemudian, selama empat bulan para responden penelitian diberikan jus tomat yang mengandung 15mg likopen setiap hari dan 35 mg kapsul likopen. Hasilnya, kadar N-telopeptide pada permpuan yang minum jus tomat atau kapsul likopen menurun drastis. Sebagai tindakan pencegahan, para ahli menyarankan konsumsi dua gelas jus tomat setiap hari.

HASIL TEST DENSITAS TULANG MENGGUNAKAN SINAR X

x_ray tulang

Pendapat Dokter tentang osteoporosis
Gejala osteoporosis mula-mula terasa nyeri dan panas pada tulang. Orang kerap mengiranya rematik. Tapi, jika yang mengalaminya perempuan yang mencapai pasca menopause,sebaiknya langsung mencurigai munculnya osteoporosis. Dr. Ichramsjah Rachman,ahli masalah osteoporosis dan menopause dari Universitas Indonesia.