Tips Penambah Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan dapat timbul oleh karena berbagai faktor, misalnya akibat perasaan cemas atau depresi berkepanjangan. Sebagian obat juga dapat menyebabkan efek samping penurunan nafsu makan. Bahkan, sulitnya mendapatkan makanan yang sesuai juga bisa meletarbelakangi.

ika Anda terus-menerus berada pada keadaan seperti ini, selain bisa mengganggu kepercayaan diri, tentu saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan juga.Sebelum kesehatan Anda terganggu, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk memperbaiki nafsu makan.

Mulai Perhatikan Cara Makan Sehari-hari

Yang harus dilakukan sebagai langkah awal penambah nafsu makan adalah dengan memperhatikan pola makan.

Jangan pernah tinggalkan sarapan

Ketika tidur malam, tubuh tidak mendapatkan asupan apa-apa, sehingga di pagi hari tubuh membutuhkan asupan baru sebagai bahan bakar proses metabolisme. Sarapan dengan menu yang sehat, seperti roti gandum dengan selai kacang atau yoghurt dan sereal gandum, cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Anda pun dapat beraktivitas dengan baik karena adanya energi dari menu sarapan. Sarapan sebenarnya juga dapat mempertahankan nafsu makan Anda untuk sehari penuh.

Siapkan makanan kesukaan

Nafsu makan akan lebih mudah timbul apabila terdapat makanan yang Anda sukai. Untuk itu, selalu siapkan makanan kesukaan, sehingga tidak ada alasan untuk menunda atau melewatkan waktu makan. Jangan ragu untuk menyantap kue cokelat atau makanan berlemak lainnya, terutama jika berat badan Anda ideal. Satu hal lagi, menyantap makanan yang penuh kenangan seperti yang biasa Anda santap di masa kecil juga dapat membantu memperbaiki nafsu makan.

Makan sedikit, tapi lebih sering

Makan tiga kali sehari dengan porsi besar seringkali membuat seseorang yang awalnya mengalami kurang nafsu makan untuk menjadi makin mengurangi nafsu makannya. Hal ini disebabkan Anda merasa perut menjadi cepat penuh dan pada akhirnya nafsu makan menurun. Sebagai cara penambah nafsu makan, ubahlah pola makan menjadi lebih sering, yaitu empat hingga enam kali sehari waktu makan, tetapi masing-masing dalam porsi yang sedikit. Anda dapat memilih polanya, misalnya lebih nyaman makan besar di pagi hari atau makan malam. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membagi porsi makan siang yang berat menjadi dua kali sesi yang berselang satu atau dua jam untuk menghindari rasa begah di perut.

Memilih camilan yang berbahan dasar lebih sehat

Camilan dapat menyelamatkan Anda dari kurangnya nafsu makan terhadap makanan berat. Pilih camilan sehat yang mengandung gula dan lemak yang sehat, seperti pisang, avokad, dan kacang-kacangan. Tempatkan camilan sehat ini di dalam mangkuk kecil yang mudah dijangkau agar Anda terdorong untuk mengemil. Namun, Anda harus ingat bahwa menyantap camilan bukan bertujuan untuk menggantikan makanan utama. Anda tetap harus mengonsumsi makanan utama. Agar tidak mengganggu pola makan makanan utama, konsumsilah camilan berjauhan dari jam makan utama.

Hindari terlalu banyak serat

Serat terdapat pada sayur-sayuran, buah-buahan, dan gandum. Zat ini menjadi salah satu asupan yang penting bagi tubuh. Dalam memroses makanan yang kaya serat, tubuh membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan ketika mencerna makanan lain. Karena itulah serat dapat menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga cenderung tidak cepat ingin makan. Jika Anda termasuk orang yang tingkat nafsu makannya rendah, sebaiknya menghindari asupan makanan yang terlalu banyak serat. Tujuannya tentu saja agar Anda dapat meningkatkan nafsu makan.

Hindari makanan beraroma kuat

Makanan dengan aroma yang terlalu kuat, seperti durian dan bawang putih, mungkin saja dapat mengurangi selera makan. Jadi, sebaiknya Anda menghindari keduanya.

Gunakan bumbu penyedap

Ketika menyiapkan makanan, tambahkan bumbu atau rempah-rempah sebagai penyedap. Wangi dari bumbu-bumbu ini akan menambah keinginan untuk makan. Ada pula rempah-rempah yang sering dianggap sebagai penambah nafsu makan secara alami, yaitu kayu manis.

 

Semoga bermanfaat ya sahabat cantik