mengantukMenstruasi merupakan keadaan yang harus dialami wanita setiap bulan. ketika mengalami menstruasi banyak sekali gejala yang dirasakan dan sering dikeluhkan karena mengganggu aktivitas. Salah satunya adalah merasa lesu dan mengantuk padahal malamnya sudah cukup tidur.

Nah Ladies, rasa kantuk yang dirasakan selama menstruasi ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kecukupan waktu tidur. Rasa kantuk yang dirasakan terjadi karena anemia atau kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Saat sedang haid tubuh akan mengeluarkan banyak sekali darah merah. Berkurangnya sel darah merah berarti berkurangnya suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Inilah yang menyebabkan tubuh lemah dan mengantuk.

Kamu tak perlu terlalu khawatir karena ini bukanlah penyakit. Namun kamu bisa mengatasinya dengan beberapa tips berikut ini Ladies:

  • Yang pertama kamu disarankan untuk banyak minum air putih. Ini akan membantu meningkatkan suplai oksigen dalam tubuh sehingga kamu akan lebih segar dan tak mudah mengantuk.
  • Next, anemia adalah kekurangan zat besi, karenanya saat sedang menstruasi kamu disarankan untuk banyak makan makanan yang mengandung zat besi seperti bayam dan sayuran hijau lainnya, kacang-kacangan, dan daging merah.
  • Jika dirasa mengonsumsi makanan-makanan di atas terlalu ribet, kamu boleh mengonsumsi suplemen zat besi untuk menambah asupan darah.
  • Saat mengantuk lakukan olahraga ringan Ladies. Saat menstruasi tubuh memang akan lesu, namun jangan biarkan rasa ini membuatmu merasa lemah dan malah malas-malasan beraktivitas. Lakukan olahraga ringan yang akan langsung membantumu melek seketika.